Laboratorium Konversi Energi

Koordinator Laboratorium: Yovan Witanto, S.T., M.T.

Laboratorium Konversi Energi (LKE) merupakan salah satu Laboratorium yang ada pada Program Studi Teknik Mesin Universitas Bengkulu yang menunjang proses pembelajaran, riset dan hal-hal yang terkait praktik bidang Konversi Energi.

Laboratorium Konversi Energi dilengkapi dengan berbagi fasilitas dan alat-alat untuk menujang riset-riset yang berkaitan seperti wind tunnel, Impact of jet, Alat uji motor bakar bensin, alat uji rugi-rugi aliran, turbin screw, alat uji pompa seri dan parallel dan komputer spesifikasi tinggi dengan berbagai software CAD dan CFD.

Ruang lingkup analisis atau riset renewable energy yang berkaitan diantaranya adalah analisis aliran fluida, perpindahan panas, penyediaan/pembangkit tenaga listrik, penerapan dan pengembangan bahan bakar alternative, tenaga penggerak, mesin pembakaran internal dan eksternal, analisa aerodinamika dan pengembangan bentuk airfoil.

Beberapa hasil yang telah diimplementasikan diantaranya yaitu, kaji eksperimental pengaruh campuran bioetanol pada bahan bakar terhadap performa motor bakar bensin, untuk dapat mengembangkan bahan bakar terbarukan sebagai campuran/pengganti bahan bakar fosil. Lalu terdapat pula riset pengaruh parameter oprasi pada turbin vortex, untuk mendapatkan kinerja turbin yang optimal dan dapat diterapkanKemudian riset pengembangan rancang bangun turbin air tipe pleton bersekala Laboratorium. Terdapat pula Riset perancangan Instrumen pengukuran debit dan tekanan fluida dalam pipa berbasis microcontroller. Dengan perkembangan teknologi yang telah dilakukan ini dapat dikatakan Laboratorium Konversi energi Program Studi Teknik Mesin Universitas Bengkulu memiliki cakupan riset dan penelitian sangat luas dan Inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.